Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Negara Dengan Durasi Puasa Paling Panjang, Hingga 20 Jam!

Sebagai perbandingan, di Indonesia kita puasa selama 13 jam


Jika kau mengeluh karena merasa lapar, haus, dan letih saat berpuasa, bersyukurlah. Sebab kamu tinggal di Indonesia yang durasi puasanya sekitar 13 jam.

Di cuilan bumi lain, banyak orang yang harus berpuasa lebih dari 20 jam dalam sehari. Mengapa demikian?

Alasannya sederhana. Puasa dimulai semenjak waktu terbitnya fajar hingga matahari terbenam. Sedangkan waktu terbit fajar dan matahari terbenam berbeda-beda di berbagai negara. 

Itu menjadikan perbedaan lamanya waktu berpuasa di setiap negara.

Orang di beberapa negara bahkan mesti berpuasa selama sekitar 20 jam. Jika kau tinggal di sana, kira-kira sanggup gak berpuasa selama itu? 

Yuk lihat daftar negara dengan durasi puasa paling panjang.

1. Rusia


Orang Rusia melakukan salat tarawih dan sahur dalam waktu berdekatan. Sebab di sana, waktu Isya rata-rata dimulai pukul 23.51, sedangkan waktu subuh asuk pada pukul 1.40. Orang pun harus berpuasa selama sekitar 21 jam.

2. Greenland


Umat Muslim di Greenland tak cuma menghadapi tantangan bertahan hidup di suhu ekstrem dua derajat Celcius. Mereka juga harus berpuasa selama 19 jam 37 menit.

3. Islandia


Kondisi serupa dicicipi umat Muslim di Islandia. Mereka harus menahan lapar dan haus selama 19 jam 35 menit, plus bertahan hidup di suhu ekstrem.

4. Alaska, Amerika Serikat


Jika bulan bulan berkat bertepatan dengan isu terkini acuh taacuh, orang Alaska cuma berpuasa selama lima jam. Tapi di ekspresi dominan panas, mereka mesti menahan selama 19 jam 36 menit.

5. Swedia


Swedia termasuk dalam daftar 10 negara di dunia yang warganya paling senang. Bagaimana rasanya puasa di sana? Durasinya mencapai 19 jam 13 menit.

6. Jerman


Waktu sahur juga berlalu sangat cepat di Jerman. Sebab waktu puasa saja berjalan sampai 18 jam 25 menit.

7. Skotlandia


Orang Skotlandia berpuasa selama 18 jam 14 menit. Selama bulan pahala, mereka hanya punya waktu sektiar enam jam buat mengkonsumsi forfar bridie, collops, crappit heid, atau partan bree.

8. Denmark


Tak jauh berlainan dengan Jerman, di Denmark kita mesti menunggu waktu berbuka puasa selama 18 jam 9 menit. Waktu yang panjang bila digunakan untuk tiduran.

9. Norwegia


Rata-rata waktu berpuasa di Norwegia mencapai 17 jam 43 menit. Sepertinya itu tidak akan terasa, mengenang di sana ada banyak panorama indah yang bisa mengalihkan rasa lapar dan haus.

10. Inggris


Pemain sepak bola dari klub Liverpool, Mohamed Salah, dan umat Muslim di Inggris harus sabar. Sebab rata-rata waktu berpuasa di sana mencapai 17 jam 51 menit.

Sumber: Idntimes.com