Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mulai Dari Anti Kanker, Menjernihkan Bola Mata, Ini 20 Manfaat Dan Khasiat Pakis Hijau Untuk Kesehatan

Jenis pakis yang memiliki daun warna hijau. Seperti kita tahu, flora paku - perumpamaan lainnya, memang memiliki 2 jenis warna daun. 


Ada yang merah, disebut Pakis Merah dan yang hijau pasti yaitu Pakis Hijau Umumnya yang lebih banyak dijual ialah Pakis Hijau.

Karena keberadaannya di alam lebih mudah didapatkan. Baik yang berkembang secara alami, atau hasil budidaya.

Tanaman Pakis bergotong-royong adalah flora liar. Jenis flora paku yang hidup dekat dengan perairan sungai. Tumbuhan ini mampu berkembang sampai tinggi lebih dari 100 cm. Daunnya jikalau sudah tua tentu saja kaku.

Namun yang disebut Pakis ini adalah daun yang muda dan elastis empuk. Pucuk-pucuk muda dari tumbuhan paku inilah yang sering dimanfaatkan selaku sayuran. Rasa Pakis sangat enak. Kenyal bagaikan daging. Apalagi kalau kondisinya masih segar.

Biasanya ada saja petani dan pedagang pembangkang yang mencampurkan pakis muda dan pakis bau tanah dalam satu ikatan (untingan). Ini menciptakan hasil kuliner jadi tidak sempurna alasannya pakisnya keras.

Meski banyak anggapan, bagi yang berpenyakit rekamik atau magh terlarang untuk mengusumsi Pakis, namun seperti dirilis Khasiat.co.id, ternyata banyak khasiatnya bagi kesehatan.

Memang makan Pakis Hijau yang paling yummy itu jikalau hasil dari panen dan berburu sendiri di tepi sungai, bersahabat sawah.

Kaprikornus sudah dipastikan cuma daun muda saja yang bakal dipakai untuk masak Namun sayangnya tidaklah harus ada flora paku ini.

Bisa saja sebab bukan musimnya. Dan bisa pula karena telah dipetik orang lain. Namun damai saja, tiap hari di pasar dan supermarket ada saja yang jual Pakis. Ini pasti hasil budidaya.

Harganya pun murah. Berkisar Rp3000 hingga Rp6000 saja untuk satu ikatnya. Dan idealnya, masak pakis itu minimal 2 ikatan. Karena nantinya sehabis kuliner matang Pakisnya nampak menyusut.

Pakis juga berguna untuk kesehatan badan loh. Seperti yang diuraikan di bawah ini:

1. Kaya dengan Serat

Manfaat Pakis Hijau kaya dengan serat yang amat baik untuk tubuh. Bisa menciptakan tubuh jadi terhindar dari sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Usus jadi bersih dan lebih baik kerjanya dalam sistem pencernaan kuliner.

2. Menambah Nafsu Makan

Makan dengan lauk Sayur Pakis sangatlah ampuh untuk memajukan nafsu makan. Rasanya membuatingin selalu nambah. Apalagi jikalau disantap dengan nasi yang pulen dan ditambah dengan ikan asin yang gurih. Berasa dunia ini penuh dengan kebahagiaan dan ingin selalu makan.

3. Mengatasi Stress dan Depresi

Memang ketika kita makan kuliner yang lezat. Maka otomatis tubuh akan mengeluarkan hormon anti tertekan seperti Dopamin, Endorfin dan Serotonin. Semuanya berfungsi selaku anti frustasi dan anti depresan alami yang sungguh ampuh dan tanpa efek samping bahaya.

4. Mencerdaskan Otak

Manfaat Pakis Hijau bagus sekali untuk mencerdaskan otak. Sebaiknya kita mulai mengajari bawah umur untuk mau makan sayuran ini. Supaya otak dapat meningkat sempurna dalam proses berpikir.

5. Makanan yang Aman untuk Diet

Khasiat Pakis Hijau elok sekali untuk diet. Aman disantap dalam jumlah banyak sekalipun oleh orang yang sedang pembatasan makanan . Bisa dikombinasikan dengan buah-buahan atau jus sayuran yang lainnya. Pakis juga akan menawarkan sensasi kenyang. Jadi tidak mudah lapar, cocok buat para pelaku diet.

6. Mencegah Sembelit

Sembelit dapat disembuhkan dengan banyak memakan buah dan sayuran yang kaya serat. Manfaat Pakis Hijau sangatlah kaya dengan serat yang bagus untuk menangani sembelit. Jadi tidak ketergantungan lagi dengan obat pencahar maupun obat-obatan yang dimasukkan ke secara anal.

7. Membuat Kulit Cerah dan Halus

Kulit yang cerah dan halus jadi dambaan banyak orang. Jika ingin punya kulit yang mirip ini, perawatan dengan krim dan lotion serta treatment dari klinik kecantikan saja tidak cukup. Kita harus makan sayuran yang kaya vitamin dan mineral, seperti Pakis Hijau ini.

8. Mencegah Kolesterol Naik

Manfaat Pakis Hijau baik sekali untuk menangkal kolesterol naik. Ini akan membuat tubuh para penderita kolesterol jauh lebih baik. Mereka tidak resah lagi harus makan pakai apa. Cukup pakai sayur pakis ini saja.

9. Aman untuk Penderita Diabetes

Khasiat Pakis Hijau yang rendah gula dan lemak ini juga baik untuk penderita diabetes. Cocok dimakan oleh mereka. Walaupun sedang kumat diabetesnya.

10. Mencegah Gangguan Ginjal

Pada dasarnya sayuran yang berkembang di dekat perairan macam Pakis Hijau ini baik sekali untuk ginjal. Dapat mencegah berbagai gangguan ginjal. Serta melancarkan buang air kecil.

Selain aneka macam faedah di atas. Pada dasarnya sayuran yang mempunyai daun meliuk dan melengkung ini punya khasiat lainnya yang tak kalah penting. Yaitu:

10 manfaat pakis hijau yang lainnya:

  • Mencegah Gangguan Hati
  • Mengatasi Gangguan Usus
  • Anti Kanker
  • Mengandung Vitamin B
  • Menjernihkan Bola Mata
  • Menangkal Radikal Bebas
  • Mencerdaskan Otak
  • Membuat Tidur Nyenyak
  • Mood Stabilizer
  • Memicu Keluarnya Hormon Serotonin

Itulah manfaat dan khasiat pakis untuk kesehatan. Semoga dapat memotivasi kita untuk lebih sering memakan sayur-sayuran.

Sumber: Baca-yuk.blogspot.com