Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Sepelekan! Inilah 12 Tanda Hidupmu Sudah Kebanyakan Gula Dan Tak Sehat Lagi

 Gula memang manis, namun jangan hingga terlena. Yup, konsumsi gula berlebih mampu memicu berbagai penyakit kronis! 


Bukan hanya diabetes, kau juga mampu kena kanker dan jantung gara-gara kebanyakan makan gula, iih ngeri juga kan?

Itulah sebabnya kita mesti mengamati konsumsi gula yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. 

Eits, menghitungnya enggak hanya menyaksikan berapa sendok gula “aktual” yang kamu tuangkan dalam minuman, tapi juga “gula-gula” lain yang terkandung dalam kuliner yang kau konsumsi sehari penuh itu. 

Misalnya gula yang terkandung dalam buah, minuman bersoda, cake, dan sebagainya.

Nah, bila berdasarkan Kementerian Kesehatan RI, setiap orang itu harusnya mengonsumi 50 gram atau sekitar 4 sendok makan gula per harinya, enggak boleh lebih! Lalu, bagaimana sih cara mengetahui bila kita telah kebanyakan makan gula?

Dilansir dari Brightside, berikut ialah 12 tanda yang diberikan tubuh saat konsumsi gula harian Kawan Muda sudah melebihi batas wajar .

1. Konsumsi gula berlebih bisa mengembangkan risiko keadaan resistensi leptin. Nah, leptin adalah hȯrmȯn yang menginformasikan otak bila perut sudah kenyang. 

Bisa dibayangin kan jikalau badan mengalami resistensi leptin? Kamu akan merasa lapar terus, padahal sudah kenyang!

2. Mengonsumsi terlampau banyak masakan atau minuman bagus ternyata bisa melemahkan sistem kekebalan badan sehingga menciptakan badan kita mudah lelah. Kalau kau gampang letih tanpa alasan, hemm, patut berhati-hati, tuh!

3. Terlalu banyak mengonsumsi gula juga membuatmu sering kebelet pípís. Ketika kadar gula di badan tinggi, ginjal tidak bisa menyerap kembali cairan. 

Nah, untuk mentralkan kadar gula dalam darah dan sel, badan akan membersihkan glukosa yang tak terpakai melalui urín.

4. Jika kamu merasa gampang banget kehausan dan ekspresi menjadi kering, ini yakni salah satu tanda kelebihan gula. Untuk mengatasinya, minumlah air putih atau teh tanpa gula, ya!

5. Selain mengakibatkan peningkatan berat tubuh, konsumsi gula berlebih mampu menimbulkan berat badanmu turun drastis dalam waktu yang singkat! Eits, jangan terlalu senang. Ini tanda yang buruk bagi tubuhmu.

6. Orang dengan kadar gula tinggi sungguh rentan terkena abses saluran kėmíh (ISK). Gejalanya yakni ingin buang air kecil yang tidak bisa ditahan, serta demam dan rasa nyeri di area perut.

7. Kelebihan konsumsi gula mampu meningkatkan hȯrmȯn yang menimbulkan gangguan kulit seperti jerawat dan ruam. Selain itu, kadar gula tinggi juga mampu mengusik kelenjar keringat yang bisa menimbulkan kulit menjadi kering.

8. Tahukah kau, mengonsumsi terlalu banyak gula mampu menciptakan fokus menurun drastis. Yup, kau akan sukar konsentrasi ketika menjalankan sesuatu dan bila ini terus berlanjut mampu meningkatkan risiko pikun, lho!

9. Penglihatan sering kabur padahal mata kamu enggak minus atau merasa baik-baik saja? Hemm, ini mungkin imbas dehidrasi akibat kadar glukosa darah yang tinggi sehingga mata kehilangan kemampuannya untuk konsentrasi.

10. Punya luka yang enggak sembuh-sembuh bahkan setelah berminggu-ahad? Ow Ow…kau mesti mulai memperhatikan konsumsi gula sehari-hari nih!

11. Buat pemuda hati-hati nih, kadar glukosa darah yang tinggi dalam badan bisa membuatmu impȯtėn, lho!

12. Menurut observasi, orang dengan kadar gula darah tinggi condong mudah tesinggung, lebih gampang khawatir, dan rentan stress, lho!

Nah, itulah 12 tanda bila kau sudah mengonsumsi banyak gula. Jangan pernah menyepelekan tanda-tanda di atas, ya.

Jika sudah terjadi pada tubuhmu, cobalah untuk meminimalkan konsumsi gula biar tubuh tetap sehat. Semoga berita di atas berguna 🙂

Sumber: Haimoms.blogspot.com